Cobol Bahasa Pemograman

Posted: 29 October 2009 in Ilmu Pengetahuan & Alam

COBOL adalah singkatan dari Common Business Oriented Language yaitu bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berorientasi pada masalah bisnis. COBOL merupakan bahasa pemrograman yang cukup tua karena COBOL diciptakan pada tahun 1959. Pengembangan bahasa COBOL selanjutnya dilakukan oleh suatu group yang disebut CODASYL (Conference On Data System Language). Pada Januari 1960, bahasa pemrograman ini baru dikenalkan secara formal sehingga disebut COBOL-60. Pada tahun 1968 dan 1974, bahasa cobol dikembangkan dan distandarisasikan dengan nama ANSI (American National Standarts Institute) COBOL. Dengan adanya standarisasi ini, user tidak terlalu sulit menggunakan bahasa COBOL versi yang berbeda karena pada intinya bahasa pemrograman ini sama.

Berbeda dengan bahasa pemrograman lainnya (QBasic, VB, pascal), COBOL merupakan bahasa pemrograman terstruktur yang dibuat dalam instruksi bahasa inggris sehingga mudah dibaca dan dipelajari. Selain itu penulisan program pada COBOL juga berbeda, misalnya setelah menulis nama divisi, section, paragraph atau baris instruksi harus diakhiri tanda titik (.), menggunakan spasi untuk memisahkan COBOL RESERVED WORDS dengan variable atau string, serta beberapa aturan penulisan lainnya.

COBOL terdiri dari 4 division yaitu Identification Division, Environment Division, Data Division, serta Procedure Division. Dua bagian utama dalam bahasa COBOL adalah DATA DIVISION dan PROCEDURE DIVISION. Data Division menggambarkan bentuk dan jenis dari data input dan outputnya sedangkan Procedure Division menggambarkan prosedur yang digunakan untuk menyelesaikan masalah dengan bentuk dan jenis data yang ada pada Data Division. Berikut ini adalah contoh program sederhana COBOL.

IDENTIFICATION DIVISION.

PROGRAM-ID. TAMPIL.

AUTHOR. LIA.

ENVIRONMENT DIVISION.

CONFIGURATION SECTION.

SOURCE-COMPUTER. IBM-PC.

OBJECT-COMPUTER. IBM-PC.

DATA DIVISION.

WORKING-STORAGE SECTION.

01 MASUKAN.

02 NM PIC X(20).

02 NPM PIC X(10).

SCREEN SECTION.

01 HAPUS-LAYAR.

02 BLANK SCREEN.

PROCEDURE DIVISION.

MASUKKAN-DATA.

DISPLAY HAPUS-LAYAR.

DISPLAY ‘NAMA ANDA : ‘.

ACCEPT NM.

DISPLAY ‘NPM : ‘.

ACCEPT NPM.

SELESAI.

STOP RUN.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s