Tata cara memegang kamera DSLR

Posted: 29 October 2009 in Ilmu Pengetahuan & Alam

Salah satu masalah umum yang banyak dialami oleh seorang fotografi adalah cara memegang kamera yang tak kuat sehingga banyak hasil foto pun tidak bagus atau hasil gambar blur (tampak kabur). Bahkan banyak yang memegang kamera hanya dengan satu tangan saja, padahal dengan dua tangan pun belum bisa untuk mengandalkan pegangan kamera menjadi kuat dan hasilnya pun menjadi bagus. Dan disini adalah cara-cara bagaimana seorang fotografer profesional memegang kameranya:

 

 

1. Gunakan tangan kanan untuk memegang ujung kamera sebelah kanan.
Telunjuk anda harus santai diletakan diatas tombol sutter, tiga jari yang lainnya berada didepan dan ibu jari dibelakang. Kebanyakan didalam sebuah kamera digital memiliki semacam pegangan dan bahkan ada tempat khusus untuk tempat jari-jari dimana harus menggenggamnya sehingga ini pun jadi terasa mudah. Peganglah kamera dengan kuat ditangan kanan tapi jangan terlalu mencengkram sehingga tidak terasa bergetar saat memotret.

2. Posisi tangan kiri berada didepan kamera tepatnya jari berada memutar di lensa kamera untuk mengatur jarak jauh-dekat dan buram tidaknya gambar yang akan anda ambil.

3. Gunakan tripod atau 3 kaki kamera jika anda mempunyainya agar kamera berada dalam keadaan stabil dan tidak goyang saat anda mengambil gambar dan diharapkan agar tripod berada atau diletakkan pada permukaan yang datar dan halus agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Menggenggam sebuah kamera dengan cara ini akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan gambar dengan cepat dani juga akan membantu Anda untuk tetap diam agar momen penting yang anda ambil tetap menjadi kepuasan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s