Keburukan Struktur Organisasi Staff/Garis Dan Fungsional

Posted: 30 December 2009 in Ilmu Pengetahuan & Alam

Organisasi merupakan sekumpulan dari sekelompok orang yang mendirikan suatu tempat untuk mencapai suatu tujuan yang telah disepakati bersama, dan dengan berprinsip pada azas-azas yang telah ditentukan. Struktur Organisasi menggambarkan dengan jelas pemisahan kegiatan pekerjaan antara yang satu dengan yang lain dan bagaimana hubungan aktivitas dan fungsi dibatasi. Dalam struktur organisasi yang baik harus menjelaskan hubungan wewenang siapa melapor kepada siapa.

* Struktur Organisasi Garis mengenal suatu komando,  sehingga setiap pekerjaan dalam organisasi hanya mengenal satu pemimpin.  Dengan demikian ketegasan dalam perintah dan disiplin lebih terjamin.

* Struktur Organisasi Fungsional memanfaatkan tenaga ahli di dalam bidang khusus dengan  semaksimal mungkin,  sehingga seorang pekerja dapat saja diperintah oleh lebih dari satu atasan yang sesuai dengan keahliannya.

* Struktur Organisasi Staff merupakan perpaduan antara struktur organisasi garis dengan struktur organisasi fungsional dengan bantuan staff sebagai tenaga ahli yang bertugas memberikan pertimbangan dan nasehat sesuai dengan keahliannya.

Keburukan pada Struktur Organisasi Staff salah satunya adalah Adanya kemungkinan pimpinan staf melampaui’batas kewenangannya, dan Perintah lini dan perintah staf sering membingungkan anggota organisasi karena kedua jenis hirarki sering tidak seirama dalam memandang sesuatu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s