Fungsi Managemen Strategis

Posted: 6 January 2010 in Ilmu Pengetahuan & Alam

Manajemen strategis merupakan proses atau rangkaian kegiatan pengambilan keputusan yang bersifat mendasar dan menyeluruh, disertai penetapan cara melaksanakannya, yang dibuat oleh pimpinan dan diimplementasikan oleh seluruh jajaran di dalam suatu organisasi, untuk mencapai tujuan.

Ditahun 1997, 2 ilmuwan Pearch dan Robinson mengatakan bahwa manajemen stratejik adalah kumpulan dan tindakan yang menghasilkan perumusan (formulasi) dan pelaksanaan (implementasi) rencana-rencana yang dirancang untuk mencapai sasaran-sasaran organisasi.

Di dalam perusahaan harus ada visi dan misi, lalu perusahaan menentukan tujuan jangka panjang, setelah itu perusahaan menggeneralisasikan, mengevaluasi, dan memilih strategi yang akan diterapkan, setelah itu perusahaan mengimplementasikasn dengan isu manajemen yang terkait, lalu mengimplementasikan dengan kegiatan pemasaran dan lain-lain.

Sehingga ada 2 bagian dalam fungsi strategis, yaitu fungsi finansial dan non finansial

Didalam finansial fungsi tersebut seperti untuk peningkatan kerja para sales, peningkatan produktifitas dan profitabilitas.

Dan dalam non finansial dengan misal agar dapat mengetahui strategi dari para pesaing dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s