Arti Sebuah Mimpi

Posted: 23 February 2010 in Gaya Hidup & Kesehatan

Setiap manusia mengalami berbagai macam mimpi dan sampai saat ini boleh dibilang mimpi adalah suatu fenomena menarik dan misterius. Mimpi terkadang membuat kita senang dan tertawa geli, atau bahkan bikin kepala kita geleng-geleng. Jadi sebenarnya apa sih mimpi itu? Mulai dari jaman Adam dan Hawa, kerajaan Yunani dan Roma, sampai Sigmund Freud (pemikir Austria) di akhir tahun 1800-an, seluruh umat manusia rupanya masih penasaran dengan arti sebuah mimpi dan mengapa kita mengalaminya ketika tidur. Definisi mimpi secara ilmiah adalah suatu proyeksi yang timbul tanpa sengaja dan terdiri dari koleksi gambaran, suara, gagasan, pikiran, daya perasaan, serta sensasi lainnya di saat tidur.
Gambar-gambar mimpi biasanya bersifat berlebihan, aneh, surealis, juga diluar kontrol sang pemilik. Mimpi juga bisa buruk dan menakutkan, penuh dengan hal-hal indah dan magis, atau juga kadang berkesan monoton dan membosankan. Sejak ribuan tahun, para ahli ilmiah, peramal, pemuka agama dan berbagai macam institut kesehatan telah melakukan riset penelitian mengenai mimpi beserta artinya.

Mimpi Terbang

Jika Anda bermimpi terbang layaknya seekor burung dan melihat pemandangan alam, ini berarti Anda sedang ditengah-tengah sebuah kemenangan dalam sebuah peristiwa atau situasi. Jika Anda merasa ketakutan saat terbang, maksudnya adalah Anda tidak siap dengan suatu tantangan untuk meraih sukses.

Mimpi Terjatuh

Menurut Freud, mimpi terjatuh merupakan indikasi bahwa Anda sedang merasakan suatu hal kegagalan dalam sebuah situasi atau peristiwa, entah ditengah masalah kerja, pendidikan, atau bahkan percintaan.

Mimpi Dikejar-kejar

Analisa riset menyatakan bahwa jika Anda bermimpi dikejar-kejar entah oleh orang, binatang maupun makhluk gaib berarti Anda memiliki perasaan lemah atau tidak berdaya dalam suatu lingkungan Biasanya mimpi dikejar-kejar diinspirasi oleh rasa takut akan kekerasan, kejahatan, film horor, atau drama-drama tegang lainnya yang kita lihat melalui media.

Mimpi Copot Gigi

Manusia membutuhkan gigi untuk memberi makan kepada tubuh kita, dan makanan merupakan sumber utama energi fisik dan mental. Dalam konteks mimpi, kehilangan gigi bisa diasosiasikan dengan kekurangan dalam kepercayaan diri seseorang. Mungkin Anda terjebak di suatu pekerjaan yang kurang memuaskan dan menjadikan Anda takut akan masa depan, atau juga anda takut akan berumur dan memiliki kualitas kecantikan serta kesehatan yang menurun. Dalam budaya Indonesia, mimpi copot gigi berarti Anda alamat akan kehilangan anggota keluarga.

Mimpi Kematian

Mimpi ini merupakan mimpi yang sangat umum dialami oleh banyak orang dan bisa diartikan bahwa seseorang sedang mengalami penderitaan yang akan berakhir. Selain itu, bisa juga diasosiasikan dengan sebuah titik akhir dalam hubungan kasih maupun hubungan profesional.

Mimpi Ulang Tahun

Pesta ulang tahun dalam sebuah mimpi melambangkan suatu permulaan baru, kembali ke waktu yang bahagia, atau simbol dari individualitas dan pertumbuhan. Mimpi sebuah pesta ulang tahun yang besar-besar dimana seorang Bapak tidak diundang, riset penelitian menafsirkan bahwa mimpi seperti ini banyak dialami oleh pria yang sedang menantikan kelahiran seorang bayi.

Mimpi Digigit Ular

Menurut budaya Indonesia, mimpi digigit ular berarti sang pemilik akan ketemu jodohnya dalam waktu dekat atau ada yang sedang naksir. Akan tetapi di budaya Barat, ular melambangkan kelicikan. Maka dari itu, jika seseorang bermimpi digigit ular artinya bahwa dia akan mengalami musibah dalam bisnis atau pekerjaan yang diakibatkan oleh seorang musuh.

Mimpi Telanjang

Studi menafsirkan bahwa jika seseorang bermimpi telanjang, berarti sang pemilik mimpi berkeinginan untuk bebas. Selain itu, mimpi ini juga menyimbolkan suatu ketakutan atau kelemahan dalam mengatasi sebuah masalah dengan banyak orang.

http://www.kabarinews.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s