Lindungi Keluarga dari Racun Rumah

Posted: 4 March 2010 in Gaya Hidup & Kesehatan

Rumah merupakan tempat berlindung. Namun, tanpa kita sadari, rumah juga menyimpan produk-produk berbahaya yang bisa menyebabkan keracunan. Produk ini jadi berbahaya jika digunakan tidak sesuai dengan kegunaannya.

Dalam catatan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (POM), banyak produk rumah tangga yang bisa menyebabkan keracunan yang bisa masuk melalui mulut, mata, pernapasan, dan kulit. Beberapa bahan yang berbahaya itu antara lain produk kimia rumah tangga, seperti obat pel dan pestisida pertanian sejenis obat nyamuk.

Untuk menghindari keracunan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Misalnya, menutup rapat semua produk kimia rumah tangga kemudian menyimpannya di tempat tertutup. Untuk menghindari kesalahan penggunaan, jangan menukar wadah asli dengan wadah lain.

Penggunaan produk ini pun tidak boleh sembarangan. Misalnya, untuk obat nyamuk, semprotkan obat tersebut satu jam sebelum ruangan digunakan. Ini dilakukan agar pestisida tidak banyak terhirup oleh anggota keluarga. (Sanny Cicilia Simbolon)

KOMPAS.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s