Apple Tanam Facebook di OS-nya

Posted: 14 May 2010 in Tehnologi & Kemewahan

Apple dikabarkan akan membangun fitur Facebook ke dalam sistem operasi iPhone versi yang akan datang.

Seperti dikutip dari Silicon Alley Insider (SAI), fitur Facebook ini akan diumumkan pada keynote Apple Worldwide  Developer Conference, yang akan digelar 7 Juni mendatang.

Sumber SAI menyebutkan bahwa Apple setidaknya akan membangun sinkronisasi kontak Facebook ke dalam software iPhone. Dengan demikian, pengguna iPhone bisa menarik kontak-kontak dari Facebook, ke daftar alamat iPhone.

Selain itu, Apple juga mungkin akan mengintegrasikan Facebook Connect langsung ke dalam software developer kit Apple, sehingga para programmer pun bisa langsung menambah fitur-fitur Facebook ke dalam aplikasi mereka.

SAI juga berspekulasi, bahwa Apple juga akan membuat semacam fitur Facebook messaging ke dalam iPhone. Dengan fitur ini pengguna iPhone bisa mengirim pesan Facebook kepada kontak mereka, semudah mengirim SMS.

Hingga kini, Facebook memang merupakan salah satu aplikasi paling populer di iPhone. Oleh karenanya sangat memungkinkan bila Facebook dan Apple menjalin kerja sama yang lebih erat.

Belum lama ini, Facebook juga telah membuat fitur bagi aplikasi-aplikasinya agar bisa melakukan sinkronisasi foto-foto kontak di Facebook dengan iPhone. Sehingga, pengguna iPhone bisa melihat foto profile Facebook orang yang sedang kita hubungi atau menghubungi kita.

Menurut Facebook, sekitar 34,2 juta orang adalah pengguna Facebook aktif melalui aplikasi iPhone. Angka itu kurang lebih setara dengan 10 persen dari 400 juta pengguna Facebook. Apple iTunes juga telah lama menjadi pengiklan di Facebook.

VIVAnews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s